Teknologi Komunikasi dalam Revolusi Transportasi


Teknologi komunikasi bukan sautu hal yang langka atau bahkan barang mahal, kini teknologi komunikasi menjadi kebutuhan primer yang setiap orang harus memilikinya. Setiap orang didunia membutuhkan teknologi, yang dalam pengertiannya teknologi adalah sesuatu yang bisa memudahkan pekerjan manusia. Setiap orang pasti berkomunikasi guna memenuhi kebutuhannya akan interaksi. Maka teknologi komunikasi sebuah perangkat yang membantu proses interaksi menjadi lebih cepat dalam segi waktu.
Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkutan diakhiri. Peranan transportasi sangat penting untuk saling menghubungkan daerah sumber bahan baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan daerah pemukiman sebagai tempat tinggal konsumen.
Teknologi transportasi adalah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia.
Teknologi komunikasi kian hari semakin berkembang, penemuan penemuan baru datang tanpa henti seperti serangan fajar yang mau tidak mau harus kita ikuti. Revolusi itulah kata yang selalu terngiang tapi apakah ada kata yang lebih tepat dari istilah revolusi dalam konteks teknologi? Andai ada istilah selain revolusi yang menggambarkan kecepatan perkembangan teknologi itu sendiri, mungkin kata revolusi tidak cocok dalam konteks teknologi komunikasi masa kini. Dalam segi satuan waktu teknologi komunikasi datang begitu cepat, dengan menawarkan banyak hal baru. Dalam segi lainnya teknologi komunikasi datang bukan tanpa kelemahaan. Itulah teknologi komunikasi yang datang hari ini.
Transportasi berkembang dengan cantik beriringan dengan apa yang dilakukan teknologi komunikasi pada hari ini. Bukan sautu yang lumrah transportasi datang dengan menwarkan sejuta inovasi yang beririsan dengan teknologi khususnya di bidang komunikasi. Teknologi menwarkan kemudahan akan akses penggunaan transportasi, mulai dari pemesanan online hingga hanya dengan sentuhan jari kita bisa mengakses kemudahan transportasi masa kini.
Dalam sejarahnya Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalan jarak jauh berjalan kaki pada jaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusia dan penggunaan rakit di sungai. Beberapa rekaman mengenai transportasi terekam dalam relief yang dipahat dibatu pada daerah Mesir Kuno dan daerah sekitarnyamanusia di jaman dahulu hanya mengenal transportasi menggunana hewan tapi masa kini hewan sebagai sarana transportasi hanya sebatas sejarah yang hanya akan dikenang. Transportasi berkembang dengan pesat ketika mesin uap ditemukan, lalu manusia mengembangkannya dengan mesin diesel.Seiring perkembangannya, pada akhir abad ke-18 para ilmuwan berhasil menciptakan kendaraan bermesin pertama. Penemuan ini menandai awal perubahan transportasi yang berlanjut sampai sekarang. Kini, untuk menempuh jarak yang jauh sekalipun bukan masalah. Teknologi transportasi yang berkembang telah membantu dalam memindahkan orang dan barang dengan waktu yang cepat dan mudah dan saat ini manusia bisa berada di atas awan ketika transportasi menjadi kebutuhan yang senantiasa berada di sekitar kita.  Teknologi lah yang bisa membuat hal ini terjadi. Mungkin manusia di zaman 500 tahun yang lalu berfikir hal ini hanya imajinasi tetapi kini hal itu sudah hal yang bisa ada ketika manusia lahir di zaman millennium.
Transportasi hadir dengan sejuta inovasi, yang harus di sadari transportasi berubah menjadi  industrial. Hal inilah yang menjadikan teknologi hadir dengan sentuhan agar manusia bisa memenuhi kebutuhan di zaman modern seperti ini. Seakan tanpa henti manusia dimanjakan oleh teknologi yang hadir dalam konteks transportasi. Seperti, adanya aplikasi booking yang memudahkan kita melakukan reservasi tiket contohnya saja seperti traveloka. Manusia tanpa disadari ketergantungan dengan teknologi khususnya di bidang komunikasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi, salah satu manfaatnya adalah di bidang transportasi. Terdapat empat jenis transportasi yang digunakan manusia saat ini pertama tentu saja transportasi Darat. Contohnya pengaturan lalu lintas kereta menggunakan sistem komputer untuk menentukan jalur yang harus dilalui atau traffic light menggunakan sistem komputer untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan raya baik jalan raya di perkotaan hingga menyentuh jalan raya di pedesaan. Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia, sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Sistem Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah,  kuning,  atau  hijau tergantung  pada keadaan lalu lintas. Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
Yang kedua, transportasi laut kapal dikendalikan oleh mesin yang menggunakan sistem computer tak lupa Sistem Navigasi di Dalam Kapal Membantu Mengarahkan Jalannya Kapal. Ke tiga, transportasi udara sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat mulai dari tekanan udara, arah pesawat dari GPS hingga ketinggian pesawat yang seluruhnya menggunakan teknologi komunikasi yang dijalankan melalu satelit. Demikian juga sistem  komputer  yang  ada di bandara berfungsi untuk membantu sebuah pesawat ketika  akan melakukan lepas landas sampai pada pendaratan. Seperti  halnya  transportasi laut,  transportasi  udara sangat  membutuhkan bantuan sistem komputer. Sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat.  Mulai dari lepas landas,  saat terbang,  sampai saat pendaratan. Dengan sistem komputer,  pilot dapat mengatur kendali pesawat, menentukan posisi pesawat,  menghitung  ketinggian,  mengatur kecepatan, mengetahui bahan bakar, bahkan mendeteksi secara dini keadaan cuaca yang dapat membahayakan pesawat terbang.
Adapun Sistem navigasi kapal but sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat. Ini adalah contoh bagaimana transportasi di laut. Terakhir dan sangan mutahir, transportasi ruang angkasa
mesin di dalam pesawat menggunakan sistem komputer
alat yang digunakan astronot juga menggunakan sistem komputer
semua  kegiatan bidang transportasi tersebut tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, lebih detailnya adalah dengan menggunakan bantuan sistem komputer.
Hal yang menjadi impian bagi manusia sekarang ini adalah perjalanan ruang angkasa antarplanet.  Meski masih  jauh dari kenyataan, tetapi berbagai percobaan sudah dilakukan dengan  dilakukannya  misi penerbangan ke bulan dan penerbangan tanpa awak ke planet Mars.  Semua itu dapat dilakukan dengan bantuan sistem komputer.
Oleh karena itu, tanpa Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita tidak bisa berkerja dengan lebih baik karena kemampuan kerja kita sangat terbatas tanpa bantuan teknologi. Teknologi sangat berguna dalam kehidupan kita dan dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih maju.
Dewasa ini, kehidupan kita tak pernah terlepas dari yang namanya teknologi. Apapun yang kita lakukan bisa menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi, contohnya saja disaat kita ingin membeli barang yang diproduksi oleh luar negeri. Kita tidak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri untuk membeli barang tersebut, kita bisa memanfaatkan internet dan telepon untuk bertransaksi dan berinteraksi dengan penjualnya dan setelah ke-2 pihak menyetujui transaksi tersebut, kita bisa mengirimkan uang kita melalui ATM dan barang kita akan dikirim melalui jasa-jasa pengiriman yang di jaman modern ini sudah banyak tersedia.
Kembali ke imajinasi, dahulu mungkin tidak terfikir ketika perjalanan benua tidak bisa ditempuh hanya dengan beberapa hari. Tapi saat ini sudah hal yang biasa dan lumrah. System yang diciptakan dalam transportasi yang dilengkapi oleh teknologi komunikasi memudahkan kita menjangkau belahan bumi lain dengan cepat. Sarana yang memadai membuat transportasi sangat bergantung pada teknologi komunikasi. sistem dan sarana transportasi adalah bagian paling krusial dalam kehidupan manusia. Transportasi handal merupakan dasar dari peradaban modern, dan tanpanya, segala jenis kegiatan serta aktivitas akan terbengkalai. Oleh karena itu, para inventor tak berhenti menginovasi teknologi transportasi agar semakin cepat, aman dan efisien.
Kita telah menjadi saksi perkembangan transportasi. Kini mobil tanpa supir tidak lagi menjadi konsep yang mengherankan. Lalu ‘kereta peluru’ memungkinkan manusia melesat di kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam dengan nyaman – sebuah hal yang mungkin sulit dipahami oleh para pendahulu kita.Walau begitu, kita sudah memimpikan seperti apa transportasi di masa depan semenjak ratusan tahun silam, jauh sebelum manusia menembus rekor kecepatan suara, ataupun mendarat di Bulan. Tak aneh jika apa yang dahulu kita bayangkan sebagai hal luar biasa nyatanya bisa hadir dalam waktu dekat.
Indonesia negara berkembang dengan ancang ancang menjadi negara maju. Keinginana negara untuk disebut negara maju bukan hanya dilakukan oleh Indonesia. Indonesia negara dengan letak strategis dengan hamparan lautan yang luas dan keanekaragaman geografis yang exotis membuat kebutuhan transportasi yang dikemas oleh teknologi komunikasi sangatlah tinggi. Tidak heran serangan serangan teknologi dari negara lain diterima bak pukulan tanpa perlawanan. Indonesia dengan jumlah penduduk yang tinggi dituntut untuk menyediakan trasportasi dengan skala yang banyak. Bukan tanpa kendala sentralisasi kependudukan yang hanya berada di kota besar mengakibatkan penumpukan yang mengakibatkan kemacetan.
Permasalahan yang ada kemudian dimanfaatkan dengan baik, dikemas oleh teknologi komunikasi. Kemudahan akses menjadi hal wajib tak bisa dihindari. Kecepatan menjadi sesuatu yang dikedepankan. Lalu hadirlah Gojek, Uber, atau perusahan yang sebelumnya tidak terpikir menjadi ada. Bukan tanpa alasan dengan tuntutan kemajuan di segala bidang gojek dan uber menawarkan kemudahan dan kecepatan akses dari teknologi komunikasi itu sendiri. Smartphone, sarana teknologi komunikasi dimanfaatkan oleh orang orang kreatif untuk menciptakan iklim industri.

Kemajuan ? yah inilah kemajuan tanpa bisa ditawar atau bahkan dihilangkan. Baik? Kata ralatif dari konteks teknologi, selalu ada baik dan buruknya. Tepat? Mungkin kata yang pas dari penyajian teknologi komunikasi dalam bidang tansportasi. Pertanyaan dan pernyataan itu muncul dalam fikiran banyak orang di Indonesia. Setelah menimbang bagaimana teknologi komunikasi itu hadir dalam transportasi di kehidupan sehari hari kita.  
Previous
Next Post »
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();